Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Bermain Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sorogaten 2 Tulung Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013

Hastuti, Endang (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Bermain Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sorogaten 2 Tulung Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_judul.pdf

Download (390kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan membaca permulaan melaui bermain papan flanel pada anak kelompok B TK Pertiwi Sorogaten 2 Tulung Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Diharapkan dengan melalui bermain papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Pertiwi Sorogaten 2 Tulung Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diadakan tindakan dengan melalui bermain papan flanel anak yang mampu mengucapkan bunyi huruf yang ditanyakan, membaca beberapa kata berdasarkan gambar, menghubungkan kata sederhana dengan simbol yang melambangkannya, dan membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama sebanyak 2 anak (16,7%). Setelah diadakan tindakan dengan melalui bermain papan flanel pada siklus I kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 5 anak (41,7%), dan pada siklus II meninkat lagi menjadi 11 anak ( 91,7 %). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini , dari hipotesis yang menyatakan bahwa diduga melalui bermain papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Pertiwi Sorogaten 2 Tulung Klaten Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013, ini terbukti dan dapat diterima kebenarannya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca permulaan, bermain papan flanel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Nov 2012 07:10
Last Modified: 19 Nov 2012 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21269

Actions (login required)

View Item View Item