Penerapan Teknik Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gringging 2 Sambungmacan Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Fajarwati, Selvia Dwi (2012) Penerapan Teknik Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gringging 2 Sambungmacan Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (814kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puiai melalui teknik permainan bahasa dan mengetahui desain pembelajaran puisi dengan menggunakan teknik permainan bahasa pada siswa kelas V SD Negeri Gringging 2 Sambungmacan Sragen. Jenis penelitin ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Gringging 2 Sambungmacan Sragen yang berjumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis puisi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan menulis puisi siswa yang sebelumnya hanya 63,16%. Pada siklus 1 hasil belajar yang dicapai menjadi 78,95% dari 19 siswa dan 15 siswa sudah mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 89,47% dengan 17 siswa yang telah mencapai KKM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunan teknik permainan bahasa dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis puisi, teknik permainan bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Nov 2012 04:32
Last Modified: 17 Nov 2012 04:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21255

Actions (login required)

View Item View Item