Upaya Meningkatkan Ketrampilan Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Penerapan Metode Group Investigation Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Kemudo Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

PARDIYATI , PARDIYATI (2012) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Penerapan Metode Group Investigation Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Kemudo Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (833kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] PDF (bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas V SD N 1 Kemudo Prambanan tahun pelajaran 2012/2013, menggunakan penerapan metode Group Investigation(GI). Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N 1 Kemudo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawncara dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan menggunakan metode GI sebanyak 25 % sudah mencapai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 50% dan pada siklus II sebanyak 83% siswa yang sudah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini hasil belajar meningkat sebanyak 58%, hipotesis yang menyatakan “ Melalui penerapan metode GI pada materi ketrampilan penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester gasal SD Negeri 1 Kemudo tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, ketrampilan penjumlahan, bilangan bulat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 16 Nov 2012 12:07
Last Modified: 16 Nov 2012 12:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21253

Actions (login required)

View Item View Item