Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Melipat Kertas Pada Anak Klas B Tk Aba Merbung Klaten Selatan Tahun Ajaran 2012 / 2013

Sarwini , Sarwini (2012) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Melipat Kertas Pada Anak Klas B Tk Aba Merbung Klaten Selatan Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_OKE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (347kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan melipat kertas pada anak kelas B TK ABA Merbung Klaten Selatan Tahun Ajaran 2012/2013. Kemampuan motorik halus anak masih rendah berdasar pengamatan dalam kegiatan yang melibatkan motorik halus sebagian besar anak masih banyak dibantu. Melalui permainan melipat kertas dapat melatih keterampilan anak dalam menggunakan otot-otot halus, sehingga kemampuan motorik halus anak dapat meningkat dengan baik. Data tentang kemampuan motorik halus diperoleh dari anak dan data pelaksanaan permaian melipat kertas diperoleh dari guru. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing – masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama dan kedua dilakukan dalam tiga kali pertemuan. Teknik analisis komparatif untuk membandingkan kemampuan anak setiap siklusnya yaitu dengan prosentasi keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus, ini dapat dilihat dari prosentase hasil observasi. Kemampuan motorik halus anak pada pra siklus 40% setelah dilakukan siklus I mencapai 59% dan siklus II meningkat sebesar 77%. Ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak mengalami peningkatan melalui permainan melipat kertas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan motorik halus, Permainan melipat kertas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 16 Nov 2012 11:43
Last Modified: 16 Nov 2012 11:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21250

Actions (login required)

View Item View Item