Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Amrullah, Nida (2012) Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (917kB)

Abstract

Penyesuaian diri merupakan hal yang penting bagi mahasiswa baru, bila mahasiswa tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan belajarnya yang baru akan mengalami poteni terjadinya banyak konflik dan fokus yang dihadapi bukan hanya masalah akademik, tetapi juga masalah lain diluar akademik. Banyak faktof yang mempengaruhi penyesuaian diri pada mahasiswa, diantaranya dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru; 2) Sumbangan efektif dukungan sosial terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa baru; 3) Tingkat dukungan sosial dan penyesuaian diri pada mahasiswa baru. Hipotesis yang diajukan Ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru Subjek penelitian adalah Fakultas Psikologi UMS tahun akademik 2011 sebanyak 60 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan penyesuaian diri. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diketahui nilai koefisien korelasi rxy =0,508; p= 0,000 (p< 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri. Semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi penyesuaian diri, demikian pula sebaliknya semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah penyesuaian diri. Sumbangan efektif dukungan sosial terhadap penyesuaian diri sebesar 25,8%, Dukungan sosial pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 91,517 dan rerata hipotetik (RH) = 92,5. Penyesuaian diri pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 87,533 dan rerata hipotetik (RH) = 87,5.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, penyesuaian diri.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2012 13:16
Last Modified: 14 Nov 2012 13:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21230

Actions (login required)

View Item View Item