Peningkatan Kerjasama Dalam Kelompok Melalui Model Pembelajaran Kooperative Metode Stad (Student Teams Achivement Division) Pada Pembelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Di Lingkungan Setempat. ( PTK di kelas IV SDN 2 Kranggan Polanharjo Klaten Th 2012 / 2013)

Handayani,, Tri (2012) Peningkatan Kerjasama Dalam Kelompok Melalui Model Pembelajaran Kooperative Metode Stad (Student Teams Achivement Division) Pada Pembelajaran IPS Materi Sumber Daya Alam Di Lingkungan Setempat. ( PTK di kelas IV SDN 2 Kranggan Polanharjo Klaten Th 2012 / 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (499kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kerjasama dalam kelompok melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD (Student Teams Achievement Division). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SDN 2 Kranggan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerjasama dalam kelompok pada pembelajaran IPS materi sumber daya alam di lingkungan setempat. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 33,33% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 61,5%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 79,98% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif metode STAD(Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan kerjasama dalam kelompok pada pembelajaran IPS materi sumber daya alam di lingkungan setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kooperatif, STAD (Student Teams Achievement Division), kerjasama kelompok.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 14 Nov 2012 10:54
Last Modified: 14 Nov 2012 12:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21211

Actions (login required)

View Item View Item