Hubungan Antara Sikap Terhadap Merek Handphone dengan Minat Membeli

Aribowo, Dani (2012) Hubungan Antara Sikap Terhadap Merek Handphone dengan Minat Membeli. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minat membeli merupakan sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk tertentu, serta berapa banyak unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. Kebutuhan dapat berupa kebutuhan keseharian (keluarga), kebutuhan studi, pekerjaan, status ekonomi, status sosial, dan kebutuhan lainnya. Dalam hal ini adalah handphone berteknologi Android dengan merek Samsung yang mana sangat diminati oleh masyarakat dunia, dari tahun 2011-2012 mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu dari 17.2 % menjadi 43.4 %. Oleh karena itu setiap konsumen dalam memilih handphone tidak terpaku pada satu merek (samsung android) namun di berbagai merek misalnya Nokia, Sony Ericcson, Blackberry dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hubungan antara sikap terhadap merek handphone dengan minat membeli. 2) Tingkat minat membeli seorang konsumen terhadap handphone. 3) Tingkat sikap konsumen terhadap merek handphone. 4) Peran sikap terhadap merek handphone dengan minat membeli. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara sikap terhadap merek handphone dengan minat membeli. Rancangan dari penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah pengunjung Singosaren Plaza Surakarta sejumlah 100 orang untuk digunakan sebagai subyek penelitian.Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara quota non random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala psikologi yaitu skala sikap terhadap merek dan skala minat membeli, teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar = 0,421, p = 0,000 (p<0,01). Hasil ini menunjukan ada korelasi positif yang sangat signifikan antara sikap terhadap merek handphone dengan minat membeli. Artinya semakin tinggi sikap terhadap merek handphone maka semakin tinggi pula minat membeli pada subjek penelitian. Nilai koefisien determinan (Rsquare) sebesar 0,178 menunjukan bahwa sikap terhadap merek handphone memberikan sumbangan terhadap minat membeli sebesar 17,8%. Sikap terhadap merek handphone pada subjek penelitian tergolong tinggi ditunjukan oleh mean empirik (ME) = 74,53 dan mean hipotetik (MH) = 60. minat membeli berada pada kategori tinggi, ditunjukkan oleh Mean Empirik (ME) = 97,61 dan mean hipotetik (MH) = 82,5

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap terhadap merek handphone, minat membeli
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2012 10:54
Last Modified: 14 Nov 2012 12:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21210

Actions (login required)

View Item View Item