Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kepatuhan Terhadap Peraturan Berjilbab Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rohman, Taufiq Fajar (2012) Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kepatuhan Terhadap Peraturan Berjilbab Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Reference.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Individu yang mengaku dirinya Islam, tercermin dalam pola berpakaian sebagai Muslimah, yaitu memakai pakaian Muslimah (jilbab) sewaktu keluar rumah. Meskipun kewajiban berjilbab umumnya sudah dipatuhi oleh mahasiswi muslim di UMS, namun demikian fenomena pemakaian jilbab dan berbusana masih banyak yang menunjukkan bagian tubuh yang terbuka atau masih memperlihatkan lekuklekuk tubuh mahasiswi. Hasil observasi peneliti di sekitar UMS masih banyak mahasiswi yang menggunakan celana jean dan kaos ketat. Perilaku tersebut menunjukkan bahwa jelas pada dasarnya mereka memakai jilbab bukan atas dasar seperti dalam Alquran. Banyak faktor yang mempengaruhi kepatuhan terhadap aturan berjilbab diantaranya yaitu dukungan sosial. Hipotesis yang diajukan: Ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan kepatuhan terhadap peraturan berjilbab. Populasi adalah mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang memiliki 11 fakultas dengan 4 angkatan yang sebagian besar masih aktif perkuliahan yaitu 2008, 2009, 2010, dan 2011. Dengan menggunakan dengan teknik random sampling dengan cara bertingkat (multi stage sampling). Tingkat pertama adalah menentukan fakultas, dalam hal ini akan dibatasi dengan jumlah 3 fakultas sebagai unit penyampelan primer (primary sampling unit). Tingkat kedua memilih angkatan. Masing – masing tingkat akan ditentukan secara acak dengan undian. Dan terakhir mahasiswi yang dijadikan sampel. Adapun sampel penelitian sebanyak 95 mahasiswi, terdiri dari 30 mahasiswi jurusan Hukum, 10 jurusan Geografi dan 55 jurusan Psikologi. Metode pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala kepatuhan terhadap peraturan berjilbab. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi r= 0,606, p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan kepatuhan terhadap peraturan berjilbab. Artinya semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pula kepatuhan terhadap peraturan berjilbab. Sumbangan dukungan sosial terhadap kepatuhan terhadap peraturan berjilbab sebesar 36,7%.. Dukungan sosial subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 90,105 dan rerata hipotetik (RH) = 82,5. Kepatuhan terhadap peraturan berjilbab pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 67,253 dan rerata hipotetik (RH) = 62,5.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, kepatuhan terhadap peraturan berjilbab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2012 10:44
Last Modified: 14 Nov 2012 13:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21207

Actions (login required)

View Item View Item