Peningkatan Motivasi Belajar IPS Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Di Kelas IV SD Negeri 01 Tengklik Kecamatan Tawangmangu Tahun 2011/2012

Setyaningsih, Rinie (2012) Peningkatan Motivasi Belajar IPS Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Di Kelas IV SD Negeri 01 Tengklik Kecamatan Tawangmangu Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (504kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (529kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang kemudian berdampak pada hasil belajar melalui penerapan metode group investigation. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan metode pembelajaran Group Investigation. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV SD Negeri 01 Tengklik dan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Tengklik yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang kemudian berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa yang meliputi aktivitas: (1) Bertanya, sebelum tindakan hanya 10 siswa (27,78 %) dan pada akhir tindakan mencapai 27 siswa (75,00 %) (2) Berpendapat, sebelum tindakan hanya 14 siswa (38,89 %) dan pada akhir tindakan mencapai 27 siswa (75,00 %) (3) Perhatian, sebelum tindakan hanya 13 siswa (36,11 %) dan pada akhir tindakan mencapai 29 siswa (80,56 %) (4) Mengerjakan tugas, sebelum tindakan hanya 11 siswa ( 30,56%) dan pada akhir tindakan mencapai 30 siswa (83,34 %) (5) Kerjasama kelompok, sebelum tindakan hanya 12 siswa (33,34 %) dan pada akhir tindakan mencapai 29 siswa (80,56 %). Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran yaitu sebelum tindakan, prosentase keberhasilan siswa yang nilainya di atas KKM (≥ 70) hanya 13,89% dan pada akhir tindakan mencapai 80,50 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode group investigation dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tengklik Tawangmangu tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, metode group investigation, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Nov 2012 07:53
Last Modified: 14 Nov 2012 07:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21204

Actions (login required)

View Item View Item