KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI SEBAGAI KREATIVITAS MENGARANG SISWA: STUDI KASUS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BOYOLALI

Hastuti, Kusuma (2008) KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI SEBAGAI KREATIVITAS MENGARANG SISWA: STUDI KASUS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040013.pdf

Download (847kB)
[img] PDF
A310040013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)

Abstract

KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI SEBAGAI KREATIVITAS MENGARANG SISWA: STUDI KASUS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BOYOLALI Kusuma Hastuti, A 310040013, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008, 85 halaman Keterampilan menulis bisa dikatakan sebagai bentuk kreativitas mengarang. Namun demikian, berdasarkan pengalaman di SMP Negeri 3 Boyolali, khususnya siswa kelas VII menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam mengarang masih kurang. Kekurangmampuan siswa dalam menulis berkaitan dengan kurangnya keterampilan siswa dalam mengorganisasikan gagasan, kesulitan menerapkan ejaan, dan memilih kata. Untuk meningkatkan keterampilan menulis, siswa dapat menulis pengalaman pribadi sebagai bentuk kreativitas mengarang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud kreativitas siswa melalui hasil tulisan pengalaman pribadi, pemanfaatan kreativitas dalam pembelajaran keterampilan pengalaman pribadi, dan mengidentifikasi pemakaian bahasa yang digunakan dalam karangan pengalaman pribadi. Objek penelitian ini adalah bentuk kreativitas siswa dalam karangan pengalaman pribadi. Data berupa naskah karangan pengalaman pribadi yang di dalamnya mengandung nilai kreativitas. Metode penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak catat dan wawancara. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data.. Setelah data terkumpul dianalisis dengan teknik analisis isi. Adapun, metode penyajian informal digunakan untuk penyusunan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud kreativitas siswa melalui hasil penulisan pengalaman pribadi berupa kelancaran pengembangan jumlah kata pengisi karangan, kelenturan struktur kalimat dan gagasan, keaslian, dan kerincian isi karangan. Penilaian wujud kreativitas mengarang didapatkan skor yang cukup beragam. Data 1 mendapatkan skor 15, data 2 mendapatkan skor 14, data 3 mendapatkan skor 13, data 4 mendapatkan skor 13, data 5 mendapatkan skor 12, data 6 mendapatkan skor 13, data 7 mendapatkan skor 10, data 8 mendapatkan skor 14, data 9 mendapatkan skor 16, dan data 10 mendapatkan skor 17. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan, maka diketahui bahwa data 10 memperoleh skor tertinggi. Artinya, karangan pada data 10 memiliki nilai kreativitas yang lebih tinggi daripada karangan yang lain. Pemanfaatan kreativitas siswa dalam menulis pengalaman pribadi ini bisa bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis. Adapun, pemakaian bahasa yang digunakan dalam karangan banyak terdapat kesalahan ejaan dan diksi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, pengalaman pribadi, kreativitas mengarang
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 04 Jun 2009 09:02
Last Modified: 11 Dec 2014 12:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item