PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PRAKTEK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGELOLAAN LABA (EARNING MANAGEMENT) DI BEJ

Washadi, Washadi (2008) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PRAKTEK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGELOLAAN LABA (EARNING MANAGEMENT) DI BEJ. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B200990052.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh tiga variabel independen yaitu struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan praktek corporate governance terhadap pengelolaan laba (earning management), 2) Untuk mengetahui intensitas pengaruh signifikan tiap variabel independen dalam mempengaruhi pengelolaan laba (earning management). Hipotesis dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan praktek corporate governance terhadap pengelolaan laba (earning management) perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan/ serempak antara struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan praktek corporate governance terhadap pengelolaan laba (earning management) perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan yang go buplik di Bursa Efek Jakarta yang berjumlah 155. Pemilihan sampel yang akan diuji dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang ada berjumlah 42 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah: uji asumsi klasik, analisis regresi multiple, uji t, uji F, dan R2. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil analisis regresi dan uji F dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel struktur kepemilikan perusahaan, ukuran perusahaan dan praktek corporate governance terhadap prediksi pengelolaan laba (earning management), pada taraf signifikansi 5%, 2) Berdasarkan hasil uji-t, diketahui bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh antara struktur kepemilikan terhadap prediksi pengelolaan laba, terdapat pengaruh positif dan signifikan ukuran perusahaan terhadap pengelolaan laba, dan ada pengaruh secara parsial antara praktek corporate governance terhadap prediksi pengelolaan laba, pada taraf signifikansi 5%, 3) Berdasarkan analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 0,246, artinya bahwa 24,60% variasi variabel pengelolaan laba (earning management) perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan praktek corporate governance, sedangkan sisanya yaitu 75,40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Struktur Kepemilikan, Ukuran Perusahaan, Praktek Corporate Governance, Pengelolaan Laba (Earning Management).
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Aug 2008 04:33
Last Modified: 02 Feb 2011 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item