Penerapan Metode Cooperative Learing Tipe Co-Op Co-Op Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Kelas VIII D SMP Negeri 1 Batuwarno Tahun Ajaran 2011/2012)

Susanto, Andi (2012) Penerapan Metode Cooperative Learing Tipe Co-Op Co-Op Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Kelas VIII D SMP Negeri 1 Batuwarno Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (956kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publiksai)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Cooperative Learning tipe Co-op Co-op. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek pemberi tindakan adalah guru dan peneliti. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Batuwarno yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, interview, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ada peningkatan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika tentang materi ajar prisma dan limas. Hal ini dapat dilihat dari indikator penelitian 1. Motivasi Siswa : a) memperhatikan penjelasan guru, sebelum tindakan 26%, setelah tindakan 82,2%, b) semangat belajar mengerjakan soal, sebelum tindakan 17,4%, setelah tindakan, 60,9%, c) tercapainya nilai siswa diatas KKM, sebelum tindakan 17,4%, setelah tindakan 100% 2. Keaktifan : a) mempresentasikan hasil sebelum tindakan 0%, setelah tindakan 78,3%, b) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13%, setelah tindakan 65,2%, c) menjawab pertanyaan, sebelum tindakan 8,7%, setelah tindakan 69,6%, d) mengemukakan idea atau pendapat, sebelum tindakan 0%, setelah tindakan 30,4%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe Co-op Co-op dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, motivasi, Co-op Co-op
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Nov 2012 11:50
Last Modified: 13 Nov 2012 11:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21197

Actions (login required)

View Item View Item