Karakteristik Diksi dan Gaya Bahasa Iklan dalam Surat Kabar Harian Kompas

Suprayogo, Andi (2012) Karakteristik Diksi dan Gaya Bahasa Iklan dalam Surat Kabar Harian Kompas. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (443kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk pemakaian diksi, mendeskripsikan bentuk pemakaian gaya bahasa dan pemakaian diksi serta menganalisis iklan yang dominan muncul antara diksi dan gaya bahasa dalam surat kabar harian Kompas. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan terhadap perkembangan bahasa dan pengajaran bahasa Indonesia, khususnya iklan media cetak. Penelitian ini merupakan penelitian bahasa murni. Penelitian ini dilaksanakan selama 12 bulan mulai bulan September 2011 sampai bulan Agustus 2012. Subjek penelitian adalah surat kabar harian Kompas. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, metode simak, kemudian dengan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif pada teknik ini terdapat tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Penyajian hasil data dalam penelitian ini menggunakan metode penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa pemakaian diksi dalam istilah asing sangat mendominasi. Hal ini dapat terjadi karena kata-kata atau istilah asing dianggap menempati derajat yang lebih tinggi disbanding bahasa Indonesia dan daerah. Selain hal tersebut, kata-kata atau istilah asing yang digunakan merupakan bahasa Internasional, jika bahasa tersebut digunakan dalam iklan, para pembuat iklan bertujuan agar calon konsumen (pembaca) memperoleh kesan bahwa produk yang ditawarkan tersebut berkelas Internasional. \

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: diksi, gaya bahasa, iklan, dan kompas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 13 Nov 2012 11:41
Last Modified: 13 Nov 2012 11:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21196

Actions (login required)

View Item View Item