Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Dawungan 1 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen

Suharti, Tutik (2012) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Dawungan 1 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (435kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (BAB V )
7._BAB_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran )
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi )
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (358kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada siswa Kelas V SD Negeri Dawungan 1 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012, dan mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas V SD Negeri Dawungan 1 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah sampel 17 orang siswa. Pengumpulan data dengan metode wawancara mendalam terhadap guru dan murid dan studi dokumentasi untuk mendukung data yang dikumpulkan. Kesimpulan penelitian diperoleh bahwa : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada siswa Kelas V SD Negeri Dawungan 1 Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2011/2012, dengan bukti : (1) Metode pembelajaran Kooperatif dengan tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.. (2) Sebelum tindakan prosentasi pencapaian SKBM rata-rata nilai ulangan harian 70 %, siklus I menjadi 90 % dan siklus II mencapai 95 %, sedangkan rata-ratanya sebelum tindakan 6,8 siklus I menjadi 8,05 dan siklus II mencapai 8,30. Prosentasi pencapaian SKBM sebelum tindakan 74,13 pada siklus III menjadi 80,33. Indikator kinerja dapat tercapai, karena didukung adanya nilai rata-rata tugas pada siklus I adalah 80,33 dan pada siklus II mencapai 85,22. Nilai tugas > 70 dinyatakan hasil pada siklus I 98 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif,Tipe STAD,Hasil belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2012 09:29
Last Modified: 13 Nov 2012 09:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21183

Actions (login required)

View Item View Item