Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Fiksi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ ( Cooperative Integrad Reading And Composition ) Siswa Kelas V Sd Negeri 03 Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013

Budiningsih, Novianita (2012) Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Fiksi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ ( Cooperative Integrad Reading And Composition ) Siswa Kelas V Sd Negeri 03 Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (BAB V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi )
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf

Download (650kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untukmengetahui Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi cerita Fiksi melalui pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integread Reading And Composition) pada siswa kelas V SDNegeri 03 Kemiri, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Kemiri. Metode pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), dokumentasi, dan tes.Analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data nilai kemampuan mengapresiasi cerita fiksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengapresiasi cerita fiksi. Hal ini dapat terlihat pada nilai rata-rata kelas 73 pada siklus I, dengan persentase ketuntasan belajar 65,8% ,siswa yang tuntas belajar sebanyak 27 siswa. Kemudian terjadi peningkatan menjadi signifikan terlihatpada nilai rata-rata kelas 78 pada siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar 80,4%, siswa yang tuntas belajar sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe (Cooperative Integraed Reading And Composition) dapat meningkatkan hasil kemampuan mengapresiasicerita fiksi pada siswa kelas V SD Negeri 03 Kemiri Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kemampuan mengapresiasi cerita fiksi, model pembelajaran kooperatif tipe CIRC,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2012 09:00
Last Modified: 13 Nov 2012 09:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21180

Actions (login required)

View Item View Item