Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi I Melalui Metode Writing In The Here And Nowpada Mata Pelajaran Bahas A Indones Ia Kelas V Sd Negeri S Rimulyo 1 sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Ardiyan, Ghulam Sakti (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi I Melalui Metode Writing In The Here And Nowpada Mata Pelajaran Bahas A Indones Ia Kelas V Sd Negeri S Rimulyo 1 sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (BAB II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (BAB III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (BAB IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (BAB V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (NAskah Publikasi )
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (254kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis deskripsi yang masih rendah pada mata pelajar an Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui metode Writing In The Here And Nowpada siswa kelas V. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Srimulyo 1, Sragen yang berjumlah 40 siswa. M etode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. M etode Writing In The Here And Now merupakan metode menulis membantu peserta didik merefleksikan pengalaman-pengalaman yang telah mereka alami. Cara dramatik untuk memajukan ref leksi independent adalah meminta peserta didik menulis laporan tindakan saat sekar ang dar i sebuah pengalaman yang telah mer eka alami (seolah-olah tindakan itu terjadi disini dan sekarang). Dengan metode ini siswa lebih mudah mendapatkan ide dalam pembelajaran menulis. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdir i dar i 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN Srimulyo 1, Sragen. Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 22,5% dari pra siklus dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 27,5% dari siklus I. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 63,4 dengan persentase ketuntasan sebesar 37,5%, siklus I nilai rata-rata kelas 70 dengan persentase ketuntasan sebesar 60% dan pada siklus II rata-rata kelas 84,67 dengan persentase ketuntasan sebesar 87,5%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode Writing In The Here And Nowpada siswa kelas V SDN Srimulyo 1, Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis deskripsi, writing in the here and now
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2012 08:26
Last Modified: 13 Nov 2012 08:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21174

Actions (login required)

View Item View Item