Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Sari, Nur Indah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (712kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] PDF (BAB V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi )
JURNAL.pdf

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang sumber daya alam melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012 Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 45% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu putaran I sebesar 51% dan putaran II sebesar 72% dan diakhir tindakan pada siklus II putaran I sebesar 86% dan putaran II sebesar 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembelajaran IPA, Student Facilitator And Explaining.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2012 07:35
Last Modified: 13 Nov 2012 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21167

Actions (login required)

View Item View Item