Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Ips Pada Materi Pembagian Waktu Dengan Media Globe Siswa Kelas V Sdn Baleharjo 2 Tahun Pelajaran 2012/2013

Wibowo, Nugroho Dadi (2012) Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Ips Pada Materi Pembagian Waktu Dengan Media Globe Siswa Kelas V Sdn Baleharjo 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
DEPAN.pdf

Download (411kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASDKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (471kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS yang masih rendah, yaitu hanya 33,33% dari jumlah siswa yang mendapatkan nilai ≥60, memenuhi KKM, Metode yang digunakan masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkanhasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas V SDN Baleharjo II Kecamatan sukodono tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Baleharjo II Kecamatan sukodono. Metode pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara,tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis kualitatif, yang salah satu modelnya adalah teknik analisis interaktif yang terdiri daritiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini melalui dua siklus: Pada siklus I pertemuan pertama dari 24 siswa yang hadir terdapat 62,5% yang mendapat nilai ≥60, sebagai KKM dan Pada siklus I pertemuan kedua dari 24 siswa yang hadir terdapat 87,5% yang mendapat nilai ≥60, sebagai KKM. Pada siklus II dari 24 siswa yang hadir terdapat91,6% yang mendapat nilai ≥60, sebagai KKM, hal ini menyatakan ada peningkatan sebanyak 4,1% darisiklus I. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Demonstrasidapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Baleharjo II Kecamatan Sukodono tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Universitas Muhammadiyah Surakarta, Metode pembelajaran Demonstrasi, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2012 07:15
Last Modified: 13 Nov 2012 09:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item View Item