Deskripsi Media Pembelajaran Biologi dari Bahan Limbah Gergaji

Hastuti, Tri (2012) Deskripsi Media Pembelajaran Biologi dari Bahan Limbah Gergaji. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran dan fungsi dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Media pembelajaran dapat dimaknai sebagai semua bentuk perantara yang digunakan manusia untuk menyampaikan ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan sampai ke penerima. Penggunaan media ini digunakan guru pada situasi perhatian siswa terhadap pengajaran berkurang akibat kebosanan mendengarkan uraian guru, bahan pengajaran yang dijelaskan guru kurang dipahami siswa, terbatasnya sumber pengajaran, guru kurang bersemangat untuk menjelaskan bahan pengajaran melalui penuturan kata-kata (verbal) akibat terlalu lelah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi limbah gergaji sebagai bahan pembelajaran biologi, mengetahui cara pengoperasian dari media pembelajaran Struktur neuron yang berbahan dasar limbah gergaji dan mengetahui keunggulan dan kelemahan media pembelajaran yang terbuat dari limbah gergaji. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara deskriptif kualitatif dari hasil deskripsi media pembelajaran biologi Struktur neuron ke Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan mahasiswa lulusan biologi, sehingga data yang diperoleh tidak berupa angka akan tetapi berupa kata atau pendapat mengenai media Struktur neuron. Sumber data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan, dokementasi dan angket. Dalam penelitian ini angket digunakan untuk mendeskripsikan media pembelajaran biologi “Struktur neuron” yang diisi oleh guru biologi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan mahasiswa lulusan biologi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa deskripsi media pembelajaran Struktur neuron prosentase tertinggi pada aspek komunikasi verbal sebesar 93%, sedangkan evaluasi media pembelajaran Struktur neuron prosentase terendah pada aspek substansi materi 79%. Pencapaian skor yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran biologi “Struktur neuron” sudah layak digunakan untuk pembelajaran biologi khususnya materi sistem saraf pada manusia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, struktur neuron, deskripsi media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Nov 2012 07:11
Last Modified: 13 Nov 2012 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21156

Actions (login required)

View Item View Item