Implementasi Strategi Think-Talk-Writedengan Metode Generative Learninguntuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester II MTs. Sudirman Jatisrono Tahun Ajaran 2011/2012)

SYAWALSIH , WULAN (2012) Implementasi Strategi Think-Talk-Writedengan Metode Generative Learninguntuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa (Ptk Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester II MTs. Sudirman Jatisrono Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (710kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_pustaka.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematika siswa melalui strategi think-talk-writedengan metode generative learningpada siswa kelas VIIIA MTs. Sudirman Jatisrono Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematika siswa melalui penerapan strategi think-talk-writedengan metode generative learning.Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya indikator komunikasi matematika yang meliputi: a) Menghubungkan benda nyata ke dalam ide matematika sebelum tindakan 37% meningkat menjadi 74%, b) Menyatakan peristiwa sehari-hari ke dalam simbol matematika sebelum tindakan 29,6% meningkat menjadi 77,7%, dan c) Kemampuan bekerja sama dalam kelompok menyelesaikan persoalan matematika sebelum tindakan22,2% meningkat menjadi 62,9%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi think-talk-writedengan metode generative learningdapat meningkatkan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematika siswa, Strategi Think-talk-write,Metode Generative learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 12 Nov 2012 12:11
Last Modified: 12 Nov 2012 12:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21143

Actions (login required)

View Item View Item