Budaya Belajar Matematika Siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Studi Etnografi Di SMPN2 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasioanl Demak)

HANIAH, AHSIN TAKIYUDIN (2012) Budaya Belajar Matematika Siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Studi Etnografi Di SMPN2 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasioanl Demak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (235kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya belajar matematika siswa Rintisan Bertaraf Internasional padasaat proses belajar mengajar di kelas dan budaya belajar di luar kelas. Jenis penelitian kualitatif dengan jenis etnografi. Informan adalah kepala sekolah, guru matematika dan siswa RSBI Demak.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian (1) budaya belajar matematika siswa Rintisan Bertaraf Internasional padasaat proses belajar mengajar di kelas yaitu aktif, kreatif dalam pembelajaran yang dilakukan siswa RSBI karena penempatan kelas dilakukan moving kelas sehingga siswa dalam pembelajaran mempunyai keingginan untuk belajar, guru selalu memotivasi siswa dengan memberi kesempatan untuk bertanya, mengerjakan contoh soal. Aspek yang terpenuhi aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Metode pembelajaran yang digunakan tanya jawab, diskusi, ceramah dan kontekstual ; (2) budaya belajar matematika siswa RSBI di luar kelas yaitu pada waktu istirahat siswa menempatkan diri ke kelas selanjutnya, kekantin, keperpustakaan untuk mengulas kembali materi yang diberikan guru dan sekolah juga membuka ekstra matematika untuk pembelajaran yang diminati oleh siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Belajar, Sekolah Rintisan Bertaraf Inernasional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 12 Nov 2012 11:44
Last Modified: 12 Nov 2012 12:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21135

Actions (login required)

View Item View Item