Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan ( Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede)

Ariyunita, Noraida (2012) Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan ( Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan pecahan (2) mendeskripsikan penyebab siswa melakukan kesalahan (3) Mendeskripsikan persentase tiap kesalahan siswa dalam menyelesaikan operasi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karanggede yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan Triangulasi yaitu dengan membandingkan data hasil tes dan data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan memahami konsep dengan presentase sebesar 42%. Kesalahan menerima informasi dengan persentase kesalahan 44% dan kesalahan dalam menghitung dengan persentase kesalahan 52%. Penyebab siswa melakukan kesalahan siswa bingung dengan cara merubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, siswa beranggapan bahwa cara menyelesaikan perkalian dan pembagian pada operasi pecahan menggunakan cara yang sama, siswa tidak terbiasa dengan soal-soal yang sudah diaplikasikan, siswa tidak teliti dan tergesagesa dalam mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Penyelesaian Soal, Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Nov 2012 11:33
Last Modified: 12 Nov 2012 12:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21133

Actions (login required)

View Item View Item