Penerapan Strategi Numbered Head Togetherdenagan Media Edutainmentuntuk Meningkatkan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika (Ptk Di Kelas VII Pk SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2011/2012)

Irawan, Dedy (2012) Penerapan Strategi Numbered Head Togetherdenagan Media Edutainmentuntuk Meningkatkan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika (Ptk Di Kelas VII Pk SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I_.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (192kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2011/2011 melalui strategi pembelajaran Numbered Head Together dengan media Edutainment pada pokok bahasan segitiga. Subjek yang yang dikenai tindakan adalah siswa VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data kelas dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan segitiga, hal ini dapat dilihat dari: 1) kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran sebelum penelitian 17,39% setelah penelitian 73.91%, 2) kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran sebelum penelitian 13,04% sesudah penelitian 82,60%, 3) kemampuan menggambar siswa dalam pembelajaran sebelum penelitian 26,08%sesudah penelitian 60,86%, dan 4) kemampuan siswa dalam menjelaskan dalam pembelajaran sebelum penelitian 17,39% sesudah penelitian 65,21% dan hasil belajar sebelum penelitian 34,78% sesudah penelitian 86,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Numbered Head Together dengan mediaEdutainment dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, hasil belajar, numbered head together.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 12 Nov 2012 11:32
Last Modified: 12 Nov 2012 13:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21131

Actions (login required)

View Item View Item