UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP BANGUN RUANG MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 02 Kayen, Pati)

SIRDA, MAYANG (2008) UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP BANGUN RUANG MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 02 Kayen, Pati). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040189.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
A410040189.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan peguasaan konsep siswa pada pokok bahasan bangun ruang dengan menggunakan pendekatan contexstual teaching and learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Kayen, Pati yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari: (1) tingkat keaktifan siswa meliputi: a) keaktifan siswa mengerjakan soal-soal meningkat dari (21,9%) menjadi (73,2%), b) menjawab pertanyaan guru/mengerjakan soal ke depan meningkat dari (9,76%) menjadi (46,3%), c) keaktifan siswa yang maju ke depan kelas untuk menjelaskan pada siswa lain meningkat dari (7,32%) menjadi (24,4%), d) Siswa yang aktif memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari (7,32%) menjadi (14,6%), e) keaktifan siswa mengajukan ide/tanggapan pada guru meningkat dari (7,32%) menjadi (12,2%), f) Siswa yang aktif membuat kesimpulan materi baik secara kelompok atau mandiri meningkat dari (9,76%) menjadi (21,2%), g) aktif memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitar meningkat dari (17,1%) menjadi (48,8%), (2) hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai ≥60 meningkat dari (29,3%) menjadi (41,5%).Kesimpulan penelitian ini adalah penguasaan konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan contexstual teaching and learning (CTL).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penguasaan konsep, contexstual teaching and learning (CTL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2009 08:44
Last Modified: 17 Nov 2010 01:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2113

Actions (login required)

View Item View Item