Pemanfaatan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa (Ptk Di Kelas Vii Semester I Smp N 1 Sigaluh Tahun Ajaran 2012/2013)

Raina, Candra Surya (2012) Pemanfaatan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa (Ptk Di Kelas Vii Semester I Smp N 1 Sigaluh Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (751kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (430kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa dengan memanfaatkan macromedia flash. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa SMP N 1 Sigaluh yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan macromedia flash dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari : 1) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 16,667% dan di akhir tindakan mencapai 41,667%, 2) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 20,833% dan di akhir tindakan mencapai 54,167%, 3) Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 12,500%dan diakhir tindakan mencapai 50,000%,4) Hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebesar 6,50 sebelum dilakukan tindakan adalah 70,8333%dan di akhir tindakan mencapai 91,667%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan macromedia flash dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan macromedia flash, keaktifan siswa, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 12 Nov 2012 10:48
Last Modified: 12 Nov 2012 10:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21120

Actions (login required)

View Item View Item