Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Musik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan (Ptk Di Kelas Viii Semester Ganjil Smp Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012)

YUSRIN, MUZAED NUR (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Musik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan (Ptk Di Kelas Viii Semester Ganjil Smp Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (251kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui peningkatan aktivtas belajar siswa dan 2) Mengetahui tingkat prestasi belajar siswa dengan melalui musik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 17 Siswa laki-laki dan 15 Siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Teknik anaisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui musik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang meiputi: 1) Siswa yang mengajukan pertanyaan hingga (45,16%), 2) Siswa yang mengerjakan soal ke depan kelas (41, 93%), 3) Siswa menjawab pertanyaan dari guru (51,61%), 4) Siswa yang menanggapi jawaban siswa lain (41,93). Prestasi belajar siswa juga meningkat diantaranya: pada putaran I sebanyak 22 siswa (68,75%) dari 32 siswa yang hadir dengan rata-rata 77 pada putaran II tercatat sebanyak 25 siswa (78,125%) dari 32 siswa yang hadir dengan rata-rata 82,47; pada putaran III tercatat sebanyak 30 siswa (96,77%) dari 31 siswa yang hadir dengan rata-rata 89,03. Hal ini menunjukkan bahwa dengan pembelajaran melalui musik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sekaligus prestasi belajar di kelas VIIIC SMP Negeri 1 Sambi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Siswa, Musik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 12 Nov 2012 10:45
Last Modified: 12 Nov 2012 13:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21119

Actions (login required)

View Item View Item