MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PROGRAM LINEAR ( PTK Pembelajaran di Kelas X SMK Pertiwi Kartasura )

MUDHOFAR, HAFIDH (2008) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PROGRAM LINEAR ( PTK Pembelajaran di Kelas X SMK Pertiwi Kartasura ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040191.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
A410040191.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pemahaman konsep program linear, (2) meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pokok bahasan program linear. Subyek penelitian adalah guru matematika sebagai subyek yang memberi tindakan, kepala sekolah bertindak sebagai subyek yang membantu perencanaan dan pengumpulan data serta siswa kelas X yang berjumlah 39 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian ini, analisis data dilaksanakan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu dalam tiga putaran. Hasil penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan pemahaman konsep program linear dalam: (1) menjawab pertanyaaan dari guru meningkat dari 7,69% menjadi 56,41%, (2) mengajukan pertanyaaan kepada guru meningkat dari 5,13% menjadi 38,46%, (3) memberi tanggapan atas jawaban siswa lain meningkat dari 7,69% menjadi 33,33%, (4) mengerjakan soal kedepan meningkat dari 7,69% menjadi 41,03%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan: (1) latihan mandiri meningkat dari 56,41% menjadi 71,79%. (2) latihan terkontrol meningkat dari 64,10% menjadi 79,48%, (3) tugas mandiri meningkat dari 61,54% menjadi 76,92%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman konsep program linear dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, konsep, pembelajaran, hasil-belajar, program-linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2009 08:37
Last Modified: 17 Nov 2010 01:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2111

Actions (login required)

View Item View Item