Tuturan Ekspresif Pada Pembelajaran Guru Dan Siswa Di Beberapa Sd Negeri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Putro, Deffy Murfianti Sri (2012) Tuturan Ekspresif Pada Pembelajaran Guru Dan Siswa Di Beberapa Sd Negeri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (387kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, (1) mendeskripsikan bentuk tuturan ekspresif pada pembelajaran guru dan siswa di beberapa SD Negeri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) mendeskripsikan strategi dan teknik tuturan ekspresif pada pembelajaran guru dan siswa di beberapa SD Negeri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Data pada penelitian ini berupa tuturan ekspresif pada pembelajaran guru dan siswa di beberapa SD Negeri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Sumber data penelitian ini berupa pembelajaran guru dan siswa di beberapa SD Negeri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pembaca markah dan metode padan. Hasil penelitian yang diperoleh. Pertama, bentuk tuturan ekspresif pada pembelajaran guru dan siswa di beberapa SD Negeri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012 sejumlah 19 data tuturan ekspresif dengan maksud mengucapkan selamat, memuji, berterimakasih, menjelaskan/ menerangkan, mengeluh, mengkritik, menyalahkan. Kedua, strategi dan teknik tuturan ekspresif pada pembelajaran guru dan siswa di beberapa SD Negeri Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen adalah strategi langsung dan tidak langsung serta teknik literal dan tidak literal. Strategi tuturan langsung ada 5 bentuk tuturan dan strategi tak langsung ada 2 bentuk tuturan dengan modus berita, tanya dan perintah, sedangkan teknik literal teradapat 4 bentuk tuturan dan teknik tidak literal terdapat 3 bentuk tuturan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur ekspresif pada interaksi pembelajaran guru dan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 10 Nov 2012 11:07
Last Modified: 10 Nov 2012 11:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21086

Actions (login required)

View Item View Item