Analisis Makna Dan Maksud Pada Ungkapan Stiker Humor Bernilai Pendidikan

Susanti, Irin Dwi (2012) Analisis Makna Dan Maksud Pada Ungkapan Stiker Humor Bernilai Pendidikan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (421kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (483kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki 3 tujuan. (1) Untuk mendeskripsikan variasi makna yang terkandung dalam ungkapan stiker humor bernilai pendidikan. (2) Untuk mendeskripsikan maksud-maksud yang terkandung dalam ungkapan stiker humor bernilai pendidikan. (3) Untuk mendeskripsikan tanggapan pembaca terhadap ungkapan stiker humor bernilai pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa ungkapan yang terdapat pada stiker humor yang bernilai pendidikan, sebanyak 15 data. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan yang berupa teknik catat. Untuk mengetahui variasi makna menggunakan metode agih dengan teknik dasar Bagi Unsur Langsung (BUL) dan teknik lanjutan yaitu dengan teknik lesap, perluas, ganti, parafrase. Untuk mngetahui maksud-maksud ungkapan menggunakan metode padan dengan teknik dasar yaitu teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutan referensial dan pragmatik. Menggunakan teknik wawancara untuk mengetahui tanggapan pembaca terhadap ungkapan stiker. Hasil penelitian ini ada 3. (1) Variasi makna pada ungkapan stiker humor bernilai pendidikan, yaitu berupa makna konotatif dan makna emotif. Makna konotatif yaitu makna yang mengacu pada hal-hal negatif sejumlah 8 stiker. Makna emotif yaitu makna yang mengacu pada hal-hal positif berjumlah 7 stiker. (2) Maksud-maksud ungkapan stiker humor yang bernilai pendidikan diketahui bahwa penutur melakukan tindak ilokusi yaitu, ilokusi asertif dan ilokusi direktif. Ilokusi asertif yang berupa maksud sindiran berjumlah 7 stiker, maksud menguatkan berjumlah 1 stiker, dan maksud pemberitahuan ada 2 stiker. Ilokusi derektif yang berupa nasihat terdapat 3 stiker dan dengan maksud mengajak terdapat 2 stiker. (3) Tanggapan pembaca terhadap stiker humor bernilai pendidikan terbagi menjadi 3 tanggapan. (1) Bagus dan bernilai positif berjumlah 3 tanggapan. (2) Bagus dan bermanfaat berjumlah 3 tanggapan. (3) Setuju stiker itu dikembangkan berjumlah 1 tanggapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: stiker humor, metode agih, metode padan, makna, maksud
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Nov 2012 06:34
Last Modified: 10 Nov 2012 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21082

Actions (login required)

View Item View Item