PENINGKATAN PEMAHAMAN WACANA ARGUMENTASI DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER 2 SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008 (Penelitian Tindakan Kelas)

JUWARTATI , ERNI (2008) PENINGKATAN PEMAHAMAN WACANA ARGUMENTASI DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER 2 SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/2008 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040084.pdf

Download (82kB)
[img] PDF
A310040084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)

Abstract

Erni Juwartati, A 310 040 084, Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008, 133 halaman. Rendahnya pemahaman terhadap wacana argumentasi pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta di sebabkan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah membuat siswa bosan. Peneliti memberikan alternatif baru dalam pembelajaran wacana argumentasi yaitu dengan metode kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui sejauhmana metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan pemahaman wacana argumentasi siswa kelas VIII A semester 2 SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. (2) Mengetahui motivasi, perhatian, dan keaktifan siswa kelas VIII A semester 2 SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008 dalam mengikuti pembelajaran dengan metode kooperatif tipe jigsaw. (3) Mengetahui persepsi siswa kelas VIII A semester 2 SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008 terhadap penerapan metode kooperatif tipe jigsaw dalam kegiatan pembelajaran memahami wacana argumentasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode tiga alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sasaran pelaku tindakan dalam penelitian in adalah guru mata pelejaran bahasa Indonesia kelas VIII A. Sasaran penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa 29. tempat penelitian ini adalah SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Kelas VIII A. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran wacana argumentasi dapat meningkatkan pemahaman wacana siswa kelas VIII A semester 2 SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Nilai tes siklus pertama secara keseluruhan berjumlah 178 dengan nilai rata-rata sebesar 6,4. Hasil tes pemahaman wacana yang kedua secara keseluruhan berjumlah 241 dengan nilai rata-rata kelas 8,3. (2) Pembelajaran dengan metode kooperatif tipe jigsaw terbukti dapat meningkatkan motivasi, perhatian, dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menjadi lebih baik. (3) Sebagian besar siswa setuju dengan penerapan metode kooperatif tipe jigsaw. Namun ada siswa yang kurang setuju dengan penerapan metode kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Jigsaw, Wacana
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 04 Jun 2009 08:16
Last Modified: 12 Dec 2014 11:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item