Pelesapan Dan Perubahan Fonem Dalam Menyanyikan Lagu Anak-Anak Pada Anak Usia 5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Duyungan Iii Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen

TRI SEJATI, SRI FIKI NUR (2012) Pelesapan Dan Perubahan Fonem Dalam Menyanyikan Lagu Anak-Anak Pada Anak Usia 5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Duyungan Iii Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (704kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (368kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelesapan dan perubahan fonem dalam menyanyikan lagu anak-anak pada anak usia 5 di TK Pertiwi Duyungan III Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen serta dampak pelesapan dan perubahan fonem terhadap makna lagu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam dan teknik catat. Teknik analisis data mengunakan metode padan dan metode agih. Penelitian ini terdapat beberapa kesimpulan. Pertama, anak-anak usia 5 tahun di TK Pertiwi Duyungan III Kecamatan Sidoharjo Kabupaten sragen saat menyanyikan lagu anak-anak mengalami pelesapan pada fonem /i/ pada tengah suku kata, // pada tengah suku kata, /l/ pada tengah dan akhir suku kata, /n/ pada tengah suku kata, /p/ pada tengah suku kata, /r/ pada semua posisi, fonem /y/ pada tengah suku kata, /?/ pada tengah suku kata, fonem // pada tengah suku kata. Pelesapan fonem yang sering dilakukan oleh anak-anak usia 5 tahun saat menyanyikan lagu anak-anak yaitu fonem /r/ pada posisi tengah suku kata. Kedua, perubahan fonem yang terjadi pada anak-anak usia 5 tahun di TK Pertiwi Duyungan III saat menyanyikan lagu anak-anak, terjadi pada fonem /d/ /t/, /o/ /u/, /i/ /e/, /j/ /s/, /c/ /t/, /r/ /l/, /m/ /k/, /z/ /y/, // /n/, perubahan fonem tak beraturan, dan pemunculan fonem dalam kata. Ketiga, dampak pelesapan dan perubahan fonem yang terjadi pada anak-anak usia 5 tahun saat menyanyi yaitu terjadi perubahan makna kata dalam syair lagu. Makna kata yang berubah terdapat pada kata sedia setia, adil adi, rakyat ayat, bangsa basa, ciptaan citaan, bebas bisa, menuju menusuk, rupa lupa, muda kuda.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelesapan, perubahan fonem, lagu anak-anak, anak usia 5 tahun.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 08 Nov 2012 10:47
Last Modified: 08 Nov 2012 11:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21037

Actions (login required)

View Item View Item