Aspek Sosial Dalam Novel Pusaran Arus Waktu Karya Gola Gong: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA

Murpratama, Dian Ayu (2012) Aspek Sosial Dalam Novel Pusaran Arus Waktu Karya Gola Gong: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (415kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftarr_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Haskah Publikasi)
Jurnal_Penelitian.pdf

Download (240kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Pusaran Arus Waktu karya Gola Gong; (2) mendeskripsikan aspek sosial yang terkandung dalam novel Pusaran Arus Waktu karya Gola Gong dengan tinjauan sosiologi sastra. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel Pusaran Arus Waktu karya Gola Gong adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah novel Pusaran Arus Waktu karya Gola Gong yang diterbitkan oleh PT. Tiga Serangkai Surakarta tahun 2007 cetakan I setebal 240 halaman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif. Analisis data menggunakan metode dialektik. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Novel Pusaran Arus Waktu memiliki unsur-unsur yang secara fungsional saling mendukung satu dengan yang iainnya. Tema dalam novel Pusaran Arus Waktu adalah kehidupan social yaitu tentang perjalanan seorang anak muda meiewati labirin kehidupannya. Alur yang digunakan yaitu alur maju atau progresif; (2) Aspek sosial yang terdapat dalam novel Pusaran Arus Waktu, yaitu aspek keagamaan, pendidikan, politik, ekonomi, dan aspek kependudukan. Aspek keagamaan mendeskripsikan perilaku orang yang sering lupa kepada Tuhannya ketika mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan, dan kecewa ketika mendapat cobaan. Aspek pendidikan mengemukakan nilai-nilai pendidikan yang ada dalam keluarga. Aspek politik mendeskripsikan kebijakan-kebijakan pemerintah tentang perikanan dan kelautan yang tidak berpihak kaum nela yan. Aspek ekonomi mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi orang demi memperoleh penghasilan dan kekayaan. Aspek kependudukan membahas permasalahan pekerjaan, status sosial, dan kemiskinan; (3) Implementasi aspek sosial dalam novel Pusaran Arus Waktu dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai adalah siswa mampu membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aspek sosial, novel Pusaran Arus Waktu, sosiologi sastra
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Nov 2012 06:15
Last Modified: 09 Nov 2012 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21035

Actions (login required)

View Item View Item