PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMA N 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2007 / 2008

Hidayah, Lestari (2008) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMA N 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2007 / 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040074.pdf

Download (85kB)
[img] PDF
A210040074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi Akuntansi, 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Akuntansi, 3) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar yang di miliki tiap siswa terhadap prestasi belajar bidang studi Akuntansi si swa kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara. Penelitian mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Pecangaan. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X sebanyak 240 siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 60 siswa dari 240 siswa kela s X SMA 1 N Pecangaan yang menjadi anggota populasi dengan menggunakan proposional random sampling. Data perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F dan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi diperoleh persamaan regresi : Y = 42,327 + 0,247X1 + 0,302X2. Hasil persamaan tersebut menunjukkan bahwa, perhatian orang tua (X1) dan motivasi belajar (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi (Y). Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 17,243 > 3,15 (taraf signifikansi 5%) berarti antara pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Uji t untuk variabel perhatian orang tua diperoleh thitung > t tabel atau 2,520>2,002 dan untuk variabel motivasi belajar diperoleh thitung > ttabel atau 3,395>2,002 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikansi mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,377 ini menunjukkan bahwa variabel perhatian orang tua dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 37,7%. Sedangkan sisanya sebesar 62,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Jun 2009 08:08
Last Modified: 17 Nov 2010 01:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item