Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB Melalui Kegiatan Membaca Buku Cerita Di SLB Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang

Suryaningsih, Suryaningsih (2012) Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB Melalui Kegiatan Membaca Buku Cerita Di SLB Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (874kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (513kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran bahasa Indonesia pada bidang fonologi dan bidang morfologi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripikan pembelajaran bahasa Indonesia anak tunagrahita ringan pada bidang fonologi dan bidang morfologi. Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan pembelajaran bahasa Indoneia pada anak tunagrahita ringan di bidang fonologi dan bidang morfologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode agih. Penelitian ini terdapat beberapa hasil. Pertama, pembelajaran bahasa Indonesia pada bidang fonologi mendekripsikan tentang penguasaan bunyi vokal, penguasaan bunyi konsonan, dan penguasaan bunyi diftong. Penguasaan bunyi vokal meliputi bunyi vokal [e] di posisi tengah suku kata, bunyi vokal [ǝ] di posisi awal suku kata, dan bunyi vokal [ǝ] di posisi tengah suku kata. Penguasaan bunyi konsonan yang berposisi di awal suku kata meliputi bunyi konsonan [p], [r], dan [t]. Penguasaan bunyi konsonan yang berposisi di tengah suku kata meliputi bunyi konsonan [d], [f], [h], [j], [k], [r], dan [z]. Penguasaan bunyi konsonan yang berposisi di akhir suku kata, yaitu bunyi konsonan [r]. Penguasaan bunyi diftong, yang terdiri dari penguasaan bunyi diftong [ai] dan bunyi diftong [au]. Kedua, pembelajaran bahasa Indonesia pada bidang Morfologi yaitu penguasaan prefiks ber-, me-, meN-, ter-. Penguasaan konfiks me-kan dan konfiks me-i.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa, anak tunagrahita ringan, buku cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Nov 2012 08:49
Last Modified: 08 Nov 2012 08:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21029

Actions (login required)

View Item View Item