Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Terbitan Erlangga

Jayanti, Dwi (2012) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Terbitan Erlangga. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung pada materi ajar Bahasa Indonesia KelasVIII SMP terbitan Erlangga. 2) Memaparkan karakteristik penyajian buku materiajar terkait dengan pendidikan karakter Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPterbitan Erlangga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian iniadalah pernyataan-pernyataan yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakteryang terdapat pada buku materi ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII terbitan Erlangga. Sumber data berisi tentang data-data yang dianalisis untuk menjawab permasalahan yang ada pada penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalahsumber data tertulis yang berupa buku materi ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII terbitan Erlangga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi pustaka, teknik simak, kemudian dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Jenis teknik trianggulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi peneliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam buku materi ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII terbitan Erlangga meliputi: 1) religius, 2) jujur, 3) disiplin, 4) kerja keras,5) kreatif,6) mandiri, 7) rasa ingin tahu, 8) semangat kebangsaan, 9) cinta tanah air, 10) menghargai prestasi, 11) bersahabat atau komunikatif, 12) gemar membaca, 13) peduli lingkungan, 14) peduli sosial, dan 15) tanggung jawab. Komponen penyajian buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP terbitan Erlangga meliputi: judul buku, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan buku (untuk siswa), judul pelajaran, rincian subjudul, rangkuman, daftar pustaka, peta konsep,subjudul per KD, tujuan KD, penjelasan (teoritis), contoh-contoh, latihan, tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Buku materi ajar Bahasa Indonesia, Penyajian Buku Teks.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 07 Nov 2012 16:08
Last Modified: 07 Nov 2012 16:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21019

Actions (login required)

View Item View Item