Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Buku Kreatif Berbahasa Dan Bersastra Indonesia Untuk Smp Kelas Vii Terbitan Ganeca

RAHAYU, MURTI PUJI (2012) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Buku Kreatif Berbahasa Dan Bersastra Indonesia Untuk Smp Kelas Vii Terbitan Ganeca. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian: (1) mendiskripsikan karakteristik penyajian isi materi ajar buku Kreatif Berbahasa dan Bersastra untuk SMP Kelas VII Terbitan Ganeca, dan (2) menggali kandungan nilai-nilai pendidikan karakter pada materi ajar buku Kreatif Berbahasa dan Bersastra untuk SMP Kelas VII Terbitan Ganeca. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah penyajian isi buku dan kalimat-kalimat yang mengandung nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data dengan teknik simak dan teknik catat. Teknik pengujian dalam menentukan keabsahan data menggunakan trianggulasi peneliti. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Karakteristik penyajian materi ajar buku Kreatif Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMP kelas VII terbitan Ganeca dari apek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan grafika sudah memenuhi kriteria buku teks yang baik menurut BSNP. Namun, dalam penulisan materi, penulis buku perlu melengkapi penjelasan agar mudah dimengerti oleh siswa; (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan pada materi ajar buku terbitan Ganeca terdapat 18 nilai pendidikan karakter yaitu (1) religius (2) jujur, (3) toleransi, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokratis (9) rasa ingin tahu), (10) semangat kebangsaan, (11) cinta tanah air, (12) menghargai prestasi, (13) bersahabat/komunikatif, (14) cinta damai, (15) gemar membaca, (16) peduli lingkungan, (17) peduli sosial, dan (18) tanggung jawab.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik penyajian, Nilai pendidikan karakter, Buku materi ajar Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 07 Nov 2012 12:14
Last Modified: 07 Nov 2012 12:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21017

Actions (login required)

View Item View Item