Karakteristik Gaya Bahasa Judul-Judul Berita Pada Media Online Detik.Com

RIADI, AGUS (2012) Karakteristik Gaya Bahasa Judul-Judul Berita Pada Media Online Detik.Com. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halam_depan.pdf

Download (953kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
2.Bab_1.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
3.Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
4.Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
6.Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan judul-judul berita pada media online detik.com. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi penggunaan gaya bahasa judul-judul berita pada media online detik.com. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah gaya bahasa yang ada pada judul-judul berita pada media online detik.com. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari media online detik.com. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka. teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data dengan menggunakan metode kualitatif, metode padan intralingual Hasil penelitian ini antara lain: 1) jenis-jenis gaya bahasa judul-judul berita pada media online detik.com: a) gaya bahasa berdasarkan nada, yaitu; gaya sederhana. b) gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, yaitu; repetisi tautotes. c) gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna, yaitu gaya bahasa retoris (aliterasi, asonansi, anastrof, tautologi, erotesis, hiperbol, dan paradoks), dan gaya bahasa kiasan (metafora, personifikasi, dan metonimia). 2) faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan gaya bahasa judul-judul berita pada media online detik.com: a) untuk menimbulkan rasa penasaran para pembaca, b) menimbulkan rasa kewaspadaan dan rasa was-was pembaca, c) memancing tawa atau humor pembaca, d) memancing emosi atau amarah pembaca, e) menimbulkan rasa memprihatinkan dari pembaca, f) menimbulkan kekecewaan para pembaca.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode padan intralingual, gaya bahasa, berita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 07 Nov 2012 11:47
Last Modified: 07 Nov 2012 12:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21011

Actions (login required)

View Item View Item