UPAYA PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN IDE PENGERJAAN SOAL MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Kelas V SD Muhammadiyah Bligo 01 Buaran Pekalongan)

AISYAH, DEWI (2008) UPAYA PENINGKATAN KEBERANIAN SISWA DALAM MENGEMUKAKAN IDE PENGERJAAN SOAL MATEMATIKA MELALUI POLA LATIHAN INTERAKTIF (PTK Kelas V SD Muhammadiyah Bligo 01 Buaran Pekalongan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040198.pdf

Download (164kB)
[img] PDF
A410040198.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan ide pengerjaan soal matematika minimal 75% setelah diterapkan pola latihan interaktif yang menggunakan metode pemecahan masalah. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Bligo 01 Buaran Pekalongan yang berjumlah 46 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada peningkatan keberanian siswa dalam mengemukakan ide pengerjaan soal matematika setelah diterapkan pola latihan interaktif yang menggunakan metode pemecahan masalah minimal 75%, yang meliputi: 1) aktif bertanya atau menjawab pertanyaan dari guru meningkat dari 31,11% menjadi 76,19%; 2) mengerjakan latihan soal di depan kelas meningkat dari 20,00% menjadi 80,95%; 3) memberikan tanggapan dari jawaban siswa lain meningkat dari 44,44% menjadi 78,57%; 4) menemukakan ide atau tanggapan pada guru meningkat dari 33,33% menjadi 76,19%. Jadi, dengan penerapan pola latihan interaktif yang menggunakan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan keberanian siswa kelas V SD Muhammmadiyah Bligo 01 Buaran Pekalongan dalam mengemukakan ide pengerjaan soal matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keberanian, mengemukakan, ide, pola-latihan interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2009 08:01
Last Modified: 17 Nov 2010 01:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item