Hasil Belajar Mata Kuliah Akuntansi Biaya 1 Ditinjau Dari Keaktifan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Dan Frekuensi Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009

NUGROHO , BAKHTIAR (2012) Hasil Belajar Mata Kuliah Akuntansi Biaya 1 Ditinjau Dari Keaktifan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Dan Frekuensi Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (189kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui pengaruh positif antara keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi biaya 1. 2). Untuk mengetahui pengaruh positif antara frekuensi belajar terhadap hasil belajar akuntansi biaya 1. 3). Untuk mengetahui pengaruh positif antara keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran dan frekuensi belajar terhadap hasil belajar akuntansi biaya 1 pada mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP angkatan 2009. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS angkatan 2009 yang berjumlah 200 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2)selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y= 5,450 + 0,991.X1+ 0,707.X2, artinya hasil belajar akuntansi biaya 1 dipengaruhi keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran dan frekuensi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1). Ada pengaruh positif antara keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi biaya 1. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan thitung untuk variabel keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran sebesar 2,788 sehingga thitung > ttabel atau 2,788 >2,012 dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. Variabel keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran memberikan sumbangan efektif sebesar 13,72%. (2). Ada pengaruh positif antara frekuensi belajar terhadap hasil belajar akuntansi biaya 1. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan thitung untuk variabel frekuensi belajar sebesar 2,172 sehingga thitung > ttabel atau 2,172 >2,012 dan nilai signifikansi 0,035 < 0,05. Variabel frekuensi belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 8,64%. (3). Ada pengaruh positif antara keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran dan frekuensi belajar terhadap hasil belajar akuntansi biaya 1. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan Fhitung diperoleh hasil sebesar 6,766 sehingga thitung > ttabel atau 6,766 >3,18 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. (4) hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,224, berarti 22,4% hasil belajar akuntansi biaya 1 dipengaruhi oleh faktor keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran dan frekuensi belajar, sisanya sebesar 77,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, misalnya intelligence, minat belajar motivasi belajar dan lain sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar akuntansi biaya 1, keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, dan frekuensi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 07 Nov 2012 11:30
Last Modified: 07 Nov 2012 13:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21006

Actions (login required)

View Item View Item