Penegakan Kedisiplinan Dalam Rangka Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Di Smp Negeri 4 Tawang Sari, Kecamatan Tawang Sari, Kabupaten Sukoharjo)

HASTUTI, WAHYU TRI (2012) Penegakan Kedisiplinan Dalam Rangka Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Di Smp Negeri 4 Tawang Sari, Kecamatan Tawang Sari, Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (693kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
3._BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab 2)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (bab 3)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (bab 4)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (bab 5)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Jurnal.pdf

Download (487kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penegakan kedisiplinan dalam rangka implementasi pendidikan karakter siswa di sekolah SMP Negeri 4 Tawangsari, Kecamatan Tawang Sari, Kabupaten Sukoharjo. Jumlah siswa SMP Negeri 4 Tawang Sari adalah 397. data penelitian ini dikumpulkan melalui infoman atau nara sumber, tempat dan peristiwa, serta arsip atau dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat lima tahap yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, observasi, analisis data, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pelanggaran penegakan kedisiplinan dalam rangka implementasi pendidikan karakter yang sering dilakukan siswa berupa pelanggaran terhadap peraturan tata tertib seklah, meliputi siswa tidak memakai seragam sesuai ketentuan (44,8%), terlambat masuk sekolah (43,07%), tidak masuk tanpa keterangan (23,6%), terlambat masuk sekolah (36,5%), tidak mengumpulkan tugas mata pelajaran (25,7%), tidak membawa buku saku ((31,4%), membawa Hp ke sekolah (26,9%). Upaya dalam penegakan kedisiplinan dalam rangka implementasi pendidikan karakter siswa di sekolah diantaranya memanggil wali murid ke sekolah, dan mendapat teguran dan hukuman dari pihak sekolah. Kendala dalam penegakan kedisiplinan dalam rangka implementasi pendidikan karakter siswa di sekolah karena banyaknya siswa yang melanggar kedisiplinan dan peraturan sekolah, dalam penanganan belum ada prosedur yang tepat untuk menangani bentuk-bentuk pelanggaran kedisiplinan siswa, guru kurang memahami karakteristik siswanya, kurangnya komunikasi antara guru dan siswa, guru dalam menangani pelanggaran kedisiplin berbeda-beda. Solusi yang dilakukan sekolah dalam rangka penegakan kedisiplinan siswa, guru harus lebih tegas dalam menerapkan peraturan dan kedisiplinan, apabila ada siswa yang melanggar peraturan harus dikenakan sanksi, guru harus memahami karakteristik siswanya, sosialisasi antara guru dan siswa harus terjalin dengan baik, Setiap hari senin sekolah mengadakan upacara rutin dengan tujuan agar siswa lebih disiplin, diadakan razia setiap setengah bulan sekali. xvi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penegakan kedisiplinan, pelanggaran terhadap peraturan dan tata tertib, siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 07 Nov 2012 10:59
Last Modified: 07 Nov 2012 10:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20999

Actions (login required)

View Item View Item