Kenakalan Remaja Ditinjau Dari Pekerjaan Orang Tua Di Luar Kota (Setudi Kasus Di Desa Plamar Kelurahan Jatiyosokecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar)

Yulianto , Yulianto (2012) Kenakalan Remaja Ditinjau Dari Pekerjaan Orang Tua Di Luar Kota (Setudi Kasus Di Desa Plamar Kelurahan Jatiyosokecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAK1.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (529kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentu-bentuk kenakalan remaja, Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan, dampak kenakalan remaja dan, Solusi alternatif untuk mengatasi kenakalan remaja ditinjau dari pekerjaan orang tua di luar kota di Desa Plamar Kelurahan Jatiyoso Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar. Jumlah remaja dusun Plamar 136 remaja yang berusia antara 13 tahun sampai 21 tahun dan remaja yang orang tuanya bekerja di luar kota berjumlah 102 remaja. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa, serta arsip atau dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat lima tahap yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, observasi, analisis data, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peta atau gambaran bentuk-bentuk kenakalan remaja dusun Plamar ditinjau dari pekerjaan orang tua di luar kota yang sering dilakukan adalah meroko (33,32 %), minum-minuman keras (16,66%), putus sekolah atau pendidikan rendah (11,76%), perkelahian (7,84 %) dan, tindakan asusila (3,92 %). Faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja dusun Plamar ditinjau dari pekerjaan orang tua di luar kota meliputi kurang perhatian, kasih sayang, pengawasan, dan didikan dari orang tua serta kurangnya komunikasi antara anak dan orang tua, Dampak yang timbul dari kenakalan remaja dusun Plamar ditinjau dari pekerjaan orang tua di luar kota adalah membuat malu diri sendiri, keluarga dan masyarakat dusun setempat.Solusi alternatif untuk mengatasi kenakalan remaja dusun Plamar ditinjau dari pekerjaan orang tua di luar kota. Pihak pemerintah dusun Plamar dan LPP dusun Plamar untuk megatasi hal tersebut antara lain memberikan penyuluhan-penyuluhan terhadap anak remaja dan orang tua remaja serta memberikan sanksi yang mendidik bagi remaja yang berbuat nakal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kenakalan, pekerjaan orang tua diluar kota, remaja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Nov 2012 10:47
Last Modified: 07 Nov 2012 13:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20996

Actions (login required)

View Item View Item