Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Stad Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Bumirejo Kecamatan Juwana Tahun Pelajaran 2012/2013

Iswahyudi, Uut (2012) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Stad Pada Siswa Kelas III Semester I SDN Bumirejo Kecamatan Juwana Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (412kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika melalui model pembelajaran STAD. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri Bumirejo yang berjumlah 14 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam keaktifan belajar matematika. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam tes siswa dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika sebesar atau 8 siswa dan pada siklus II sebesar atau 10 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran STAD mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar rmatematika metode STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2012 11:31
Last Modified: 05 Nov 2012 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20964

Actions (login required)

View Item View Item