Pengaruh Pemanfaatan Internet Dalam Proses Pembelajaran Dan Kreatifitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pati Tahun Ajaran 2012/2013

Kusumawardani, Indah (2012) Pengaruh Pemanfaatan Internet Dalam Proses Pembelajaran Dan Kreatifitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (541kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013. 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh interaksi pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa IPS SMA N 2 PATI.Sampel diambil sebanyak adalah 50 Siswa.Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi.Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 63,589 + 0,140 X1+ 0,245 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh pemanfaatan internet dan kreativitas belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,961 >2,021 dan nilai signifikansi< 0,05, yaitu 0,042 dengan sumbangan efektif sebesar 11,1%. 2) “Ada pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013 ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 3,518 >2,021 dan nilai signifikansi< 0,05, yaitu 0,036 dengan sumbangan efektif sebesar 20,4%. 3) “Ada pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 2 Pati tahun ajaran 2012/2013” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 3,449>3,230 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,315 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan internet dan kreativitas belajar siswasecara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 31,5%, sedangkan 68,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Internet, Kreativitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 03 Nov 2012 05:58
Last Modified: 03 Nov 2012 05:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item View Item