Peningkatan Pemahaman Penjumlahan dengan Teknik Menyimpan Menggunakan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Bilangan Di Kelas II Semester I Tahun 2012/2013 SD Negeri Bajomulyo Kecamatan Juwana

Andayani , Wiwik (2012) Peningkatan Pemahaman Penjumlahan dengan Teknik Menyimpan Menggunakan Alat Peraga Kantong Nilai Tempat Bilangan Di Kelas II Semester I Tahun 2012/2013 SD Negeri Bajomulyo Kecamatan Juwana. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_Skripsi.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran I)
Tabel_dan_Grafik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Lampiran II)
DAFTAR_GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PENGAJUAN_PUBLIKASI.pdf

Download (241kB)

Abstract

Pemilihan judul ini berdasarkan pengamatan dan pengalaman bahwa kemampuan siswa kelas II SD Negeri Bajomulyo dalam belajar matematika khususnya materi penjumlahan dengan teknik menyimpan masih rendah, sehingga hasil yang dicapai masih relatif rendah. Berdasarkan hal tersebut, selanjutnya muncul permasalahan bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan agar memperoleh hasil yang baik.Tujuan penelitian tindakan kelas ini secara umum adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika yang aktif di kelas yang ditandai dengan adanya interaksi guru dan siswa serta peran metode tanya jawab bervariasi yang digunakan, sehingga dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Bajomulyo yang berjumlah 32 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu.Teknik analisis menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh hasil belajar 59, 38 dan rata-rata pada siklus I meningkat 75 dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 87, 5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media alat peraga dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman belajar penjumlahan. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa yang meningkat pada tiap siklusnya. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan alat peraga kantong nilai tempat bilangan dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam penjumlahan dengan teknik satu kali menyimpan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman penjumlahan, menggunakan alat peraga kantong nilai tempat bilangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2012 04:58
Last Modified: 03 Nov 2012 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20934

Actions (login required)

View Item View Item