Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Kasih , Sri (2012) Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri Purworejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAM_DEPAN.pdf

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_kasih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_KASIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (352kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Purworejo yang berjumlah 27 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang di lanjutkan refleksi. Deskriptif komparatif dilakukan dengan membandingkan kondisi awal, siklus I, siklus II baik untuk aktifitas belajar dan hasil belajar. Prosedur penelitian meliputi tahap: persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan peningkatan motivasi siswa dalam pembeljaran IPA yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase motivasi belajar siswa sebesar 74% atau 20 siswa dan Pada siklus II sebesar 81% atau 22 siswa. Hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw mampu meningkatkan motivasi belajar siswa siswa kelas V SD Negeri Purworejo kec. Margoyoso kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, model Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2012 04:49
Last Modified: 03 Nov 2012 04:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20933

Actions (login required)

View Item View Item