Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Indonesia dengan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SDN Tayuwetan 03 Tahun Pelajaran 2012/2013

Nawastuti, Huli (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Indonesia dengan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SDN Tayuwetan 03 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran )
11.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan bahasa Indonesia dengan media gambar seri. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Tayuwetan 03 yang berjumlah 31 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta deskriptif komperatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan menulis karangan bahasa Indonesia siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis karangan bahasa Indonesia yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis sebesar 67% atau 21 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 93% atau 29 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan media gambar seri mampu meningkatkan kemampuan menulis karangan bahasa Indonesia siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis karangan bahasa Indonesia, media gambar seri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2012 04:41
Last Modified: 03 Nov 2012 04:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20932

Actions (login required)

View Item View Item