Pengaruh Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ips Ekonomi Siswa Kelas Ix Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Suwandi, Suwandi (2012) Pengaruh Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan Dan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ips Ekonomi Siswa Kelas Ix Smp Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surakarta; 2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surakarta; 3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan media pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 108 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 43,108+ 0,256X1 + 0,243X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS Ekonomi dipengaruhi oleh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan media pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Intensitas pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif terhadapmprestasi belajar IPS Ekonomi siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 6,259 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 25,2%; 2) Media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,363 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 13%; 3) Intensitas pemanfaatan perpustakaan dan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 32,484 > 3,083 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,382; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,382 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, adalah sebesar 38,2% sedangkan 61,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Pemanfaatan Perpustakaan, Media Pembelajaran dan Prestasi Belajar IPS Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 02 Nov 2012 12:21
Last Modified: 02 Nov 2012 12:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20925

Actions (login required)

View Item View Item