Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dalam Pembelajaran Ipa Kelas V Di Sdn Pakis Kecamatan Tambakromo

Rozali , Agus Faizal (2012) Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dalam Pembelajaran Ipa Kelas V Di Sdn Pakis Kecamatan Tambakromo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (717kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
04,_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
06,_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab V)
07,BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11,_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (746kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi pada pelajaraan IPA melalui metode Contextual Teaching And Learning ( CTL ). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Pakis yang berjumlah 25 siswa.sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Proses penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus masing- masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Proses penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus masing- masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya penigkatan dalam pemahaman materi siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pemahaman materi yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pemahaman materi sebesar 64 % dengan jumlah 16 siswa dan pada siklus II sebesar 84% dengan jumlah 21 siswa.hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Contextual Teaching And Learning ( CTL) mampu meningkatkan pemahaman materi pada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman materi, metode Contextual Teaching And Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2012 10:41
Last Modified: 02 Nov 2012 10:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20912

Actions (login required)

View Item View Item