Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar (Studi Situs di SDIT Al Huda Wonogiri)

Supriyanto, Supriyanto (2012) Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar (Studi Situs di SDIT Al Huda Wonogiri). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan (1) untuk mendeskripsikan karakteristik strategi dan metode pembelajaran di SDIT Al Huda Wonogiri, dan (2) untuk mendeskripsikan karakteristik interaksi pembelajaran di SDIT Al Huda Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti mengambil lokasi di SDIT Al Huda Wonogiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis etnografis. Penelitian ini menghasilkan: (1) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh SDIT Al Huda Wonogiri meliputi strategi interaktif, langsung, tidak langsung, dan mandiri. Penerapan strategi pembelajaran interaktif menekankan pada diskusi dan sharing di antara peserta didik. Diskusi dan sharing memberi kesempatan peserta didik untuk bereaksi terhadap gagasan, pengalaman, pendekatan dan pengetahuan guru atau temannya dan untuk membangun cara alternatif untuk berfikir dan merasakan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran di SDIT Al Huda Wonogiri menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi (permainan). (2) Interaksi pembelajaran antara siswa dan guru terjadi di dalam kelas maupun di luar kelas. Interaksi terjalin antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. Interaksi yang terjadi antara Guru dengan siswa didik adalah interaksi dua arah, di mana proses pembelajaran tidak hanya terfokus pada Guru saja tetapi juga mengadopsi ide-ide dari siswa. Interaksi di luar pembelajaran terjadi dalam bentuk komunikasi non formal dilakukan oleh Guru dengan siswa sebelum dan sesudah pembelajan atau pada saat istirahat, terlaksana dengan akrab dan terjalin dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: strategi, metode, dan interaksi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Oct 2012 11:57
Last Modified: 24 Oct 2012 12:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20859

Actions (login required)

View Item View Item