Pengelolaan Micro Teaching Di Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY Tahun Akademik 2011/2012

Sunarto., Sunarto (2012) Pengelolaan Micro Teaching Di Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY Tahun Akademik 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab VI)
9._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9a._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
9b._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik aktivitas mengajar dalam micro teaching; (2) karakteristik aktivitas belajar dalam micro teaching; (3) karakteristik interaksi pembelajaran dalam micro teaching; (4) karakteristik penataan hardware dan software dalam micro teaching. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain etnografi, yang dilaksanakan di jurusan pendidikan bahasa Jerman FBS UNY. Nara sumber dalam penelitian ini adalah ketua jurusan pendidikan bahasa Jerman, dosen pembimbing, dan mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Jerman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data dalam situs untuk deskripsi, yang diawali dengan membangun sajian, memasukkan data, menganalisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas mengajar dalam micro teaching telah berjalan dengan baik. Pengajar menggunakan RPP sebagai pedoman dalam mengajar, termasuk dalam mengimplementasi metode dan pendekatan yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik siswa; (2) aktivitas belajar dalam micro teaching dapat berjalan dengan lancar. Dalam belajar, siswa melaksanakan aktivitas seperti bertanya, mendengarkan, membaca, menulis, berdiskusi, bermain, mencoba dan merefleksi pelajaran; (3) interaksi pembelajaran dalam micro teaching terjadi secara efektif, hal tersebut dapat dilihat dari interaksi antara pengajar dengan siswa, siswa dengan siswa, dan pengajar dengan dosen pembimbing; (4) penataan hardware dan software dalam micro teaching sudah dilaksanakan dengan baik. Penataan hardware seperti sumber belajar, media pembelajaran, dan fasilitas ruang mikro dikelola dengan baik, sedangkan penataan software atau materi berdasarkan pada tingkat kesukaran, alokasi waktu, dan diajarkan melalui empat keterampilan kebahasaan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: micro, teaching, aktivitas, interaksi, materi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Oct 2012 11:50
Last Modified: 24 Oct 2012 11:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item View Item